Wednesday, March 23, 2016

Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan


Manfaat bawang putih banyak sekali dalam kehidupan sehari-hari. Bawang putih termasuk spesies umbi-umbian. Baawang putih sering kita kenal sebagai bumbu masak. Yang bawang putih ini populer karena kemampuannya dalam mencegah kanker ( antioksidan ).

1. Manfaat bawang putih dengan senyawa Allicin, digunakan untuk obat

Bawang putih adalah tanaman yang telah digunakan semenjak jaman Mesir kuno, salah satunya karena kandungan Allicin yang dapat digunakan sebagai obat. Allicin  salah satu komponen biologis aktif yang paling utama dan besar yang terdapat di dalam bawang putih, sebagai zat pembunuh bakteri dalam tubuh.

Berbagai riset telah dilakukan untuk mencari tahu fungsi dari zat Allicin ini bawah ini :
  • Menurunkan berat badan
  • Mengencerkan darah
  • Mencegah hipertensi
  • Zat anti kanker
  • Antioksidan
  • Dan anti mikroba/bakteri.

2. Bawang Putih herbal anti kanker



Bawang putih memang disebut sebagai herbal/tanaman anti kanker, karena terdapat kandungan sulfida alil.

Salah satu bukti  yang ditemukan para peneliti adalah kandungan phip, salah satu bentuk senyawa dari amina heterosiklik (hca) merupakan zat yang dapat memicu kanker payudara bagi perempuan. Dari aneka macam penelitian yang dilakukan zat diallyl sulfida yang terdapat dalam bawang putih menghambat pertumbuhan dan transperpaduan phip menjadi karsinogen yang pada akhirnya dapat menyebabkan kanker payudara.

Namun perlu anda ingat bahwa bawang putih memiliki zat anti kanker yang efektif untuk mencegah pertumbuhan sel dari aneka macam jenis kanker yang berbahaya bagi anda.

Zat ini lah yang membuat ciri khas pada bau bawang putih. bawang putih memiliki kandungan senyawa sulfur yang disebut allicin, yang diyakini sangat besar peranannya dan membawa manfaat kesehatan. 




3. Ampuh menurunkan tekanan darah tinggi


Merupakan manfaat bawang putih yang sudah teruji, telah banyak riset yang mengeluarkan fakta bahwa bawang putih efektif menurunkan tekanan darah tinggi sekitar 7-8% (sumber : webmd). bahkan efek dari bawang putih ini dapat menurunkan tekanan darah pada orang normal sehat.  

4. Bawang putih kaya akan nutrisi dan rendah kalori

Nutrisi bawang putih

Bawang putih merupakan salah satu herbal yang memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik dan di butuhkan oleh tubuh. bawang putih sangat tinggi kandungan vitamin c dan kalsium serta zat besi.

Berikut artinya ringkkeinginann dari nutrisi yang diberikan oleh bawang putih per 136 gr bawang putih:

  • Vitamin c; memenuhi 71 % Kebutuhan per hari
  • Kalsium; memenuhi 25 % Kebutuhan per hari
  • Besi; memenuhi 13 % Kebutuhan per hari
  • Karbohidrat (45 gr); 15 % Kebutuhan per hari
  • Serat (3 g); memenuhi 11 % Kebutuhan per hari

Nutrisi yang terdapat dalam kandungan bawang putih ini sangat bermanfaat bagi tubuh insan, namun uniknya ia tidak mengandung zat atau nutrisi yang mungkin berbahaya bagi tubuh jikalau terlalu besar mirip lemak jenuh dan kalori.


Herbal ini dapat membantu menunjang kesehatan tubuh dan membuat kita bebas dari aneka macam penyakit berbahaya.

5. Sumber antivirus/anti bakteri/ antioksidan yang sangat ampuh

Khasiat paling populer dari bawang putih merupakan sumber antioksidan yang sangat kaya dan tentunya diperlukan oleh tubuh. bukan hanya untuk mencegah, bawang putih juga dikenal sebagai anti virus dan bakteri, zat yang terkandung dalam bawang putih ini dapat membantu mencegah perkembangan bakteri, jamur, ragi, dan virus serta cacing dalam tubuh.

6. Ampuh memangkas kolesterol jahat (LDL)

Salah satu kehebatan lain dari herbal/bumbu yang paling terkenal di indonesia ini merupakan kemampuannya dalam menurunkan kolesterol jahat. Ia bisa memangkas LDL (kolesterol jahat) dalam tubuh secara signifikan, berbagai macam riset menandakan bahwa ia dapat mengurangi LDL sebanyak 10-15%. 


Produksi insulin dapat dipacu bengan mengkonsumsi bawang putih, hal ini sama mirip manfaat kopi yang dikonsumsi dengan bijak. peningkatan insulin ini mengurangi kadar gula dalam darah.



7. Sehat berarti Insya Allah panjang umur

Umur memang rahasia Tuhan, namun dengan segudang manfaat bawang putih yang kita bahas tidak ada salahnya bahwa mengkonsumsi bawang putih secara rutin dapat membantu menyehatkan tubuh

Berikut beberapa pertimbangannya.

  • Menghindari kanker, pembunuh utama di dunia
  • Menghindari penyakit jantung dengan kebisaan memangkas ldl dalam darah.
  • Mengurangi tekanan darah tinggi
  • Anti oksidan + anti bakteri + anti virus


Ke empat dari fungsi di atas ialah salah satu faktor menunjang untuk hidup tetap sehat dan panjang umur,  terhindar dari berbagai penyakit berbahaya.

8. Bawang putih efektif untuk kecantikan kulit

Tidak hanya kesehatan, sama halnya dengan manfaat mentimun, bawang putih juga  sangat baik untuk kecantikan kulit.

Membersihkan komedo,  komedo tak jarang muncul di wajah dan menggangu penampilan. cukup haluskan bawang putih, lalu oleskan pada tempat yang terdapat  komedo.

Menghilangkan noda bekas luka. Bekas luka terkadang membuat kurangnya rasa percaya diri. 
Senyawa anti radang yang bisa membersihkan sisa luka pada kulit. oleskan bawang putih pada bagian noda luka tersebut.


Obat jerawat. satu siung bawang putih yang dihaluskan lalu balurkan pada permukaan kulit yang terdapat jerawat, kemudian diamkan selama 10 menit atau gunakan sebelum tidur. keesokan harinya, jerawat akan mengempes dan lebih kecil, gunakan secara rutin untuk hasil yang  optimal.



9. Mencegah demensia dan penyakit alzheimer

Kerusakan syaraf atau oksidatif yang bersifat radikal bebas sangat berperan pada proses penuaan dini. bawang putih mengandung antioksidan yang mendukung mekanisme perlindungan tubuh terhadap kerusakan oksidatif.

Suplemen bawang putih telah terbukti untuk meningkatkan enzim antioksidan pada manusia,  serta secara signifikan mengurangi stres oksidatif pada pasien dengan tekanan darah tinggi.


Manfaat gabungan mirip pengurangan kolesterol dan tekanan darah, serta sifat antioksidan, dapat membantu mencegah penyakit otak umum mirip penyakit alzheimer dan demensia.

10. Bawang putih dapat memangkas berat badan

Berbagai riset telah menemukan bahwa zat anti inflamasi yang terdapat di bawang putih dapat membantu mengatur sel lemak yang terbentuk dalam tubuh kita. obesitas atau berat badan terjadi ketika lemak terus terbentuk, tahapan ini mengubah pre-adiposit menjadi sel-sel lemak (adipocytes) melalui proses yang kita namakan sistem inflamasi. vinyldithiin zat yang terdapat pada bawang putih dapat membantu menghambat terjadinya proses inflamasi ini yang tentu baik untuk mencegah berat badan .

11. Menghilangkan sakit gigi sangat ampuh


Bawang putih terkadang dapat bermanfaat pada dikala kritis atau mendesak ketika anda mengalami sakit gigi, sakit gigi secara umum dikarenakan oleh bakteri yang terdapat pada gigi anda. sifat anti virus serta bakteri yang ada pada bawang putih dapat membasmi dan menghilangkan bakteri penyebab sakit gigi. selain itu ia juga memiliki kandungan analgesik yang ampuh untuk mengatasi sakit gigi.

12. Meningkatkan metabolisme zat besi


Riset terkini bahwa bawang putih sangat ampuh dalam mempercepat metabolisme zat besi. zat besi disimpan dalam sel yang terdapat pada tubuh kita, Ferroportin ialah protein yang berjalan melintasi membran sel, dan menyediakan jembatan bagi zat besi untuk menyeberang dan meninggalkan sel. bawang putih dapat meningkatkan produksi protein ini sangat membantu menjaga zat besi yang beredar dalam tubuh sesuai dengan kebutuhan harian yang diperlukan oleh tubuh kita



0 komentar:

Post a Comment